top of page

Profile

Join date: Nov 15, 2022

About

5 Tempat Rekreasi yang Pantas Didatangi di Sumatera Selatan


Sumatera Selatan adalah propinsi yang berada di Indonesia yang berada pada bagian selatan Pulau Sumatera. Propinsi yang beribukotakan Palembang ini memiliki beberapa tempat rekreasi favorit dan terhitung beberapa rekreasi favorite di Indonesia. Pelancong lokal atau asing yang selalu padati kota Palembang pada tiap tahunnya sekadar ingin nikmati beberapa tempat rekreasi ini. Pada artikel ini akan diulas 5 Tempat Rekreasi yang Pantas Didatangi di Sumatera Selatan salah satunya: Air Terjun Bidadari, Bukit Serelo, Benteng Kuto Besak, Rimba Rekreasi Punti Kayu dan Tebat Gheban. Ke-5 Tempat Rekreasi ini akan diperlihatkan dalam Google map hingga Anda bisa secara mudah ketahui status Tempat Rekreasi itu. Disamping itu, diperlihatkan lokasi Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport, Terminal Alang-Alang Lebar, Terminal Plaju dan Terminal Kota Prabumulih hingga mempermudah Anda yang hendak berencana perjalanan ke Tempat Rekreasi itu. Anda pun bisa langsung memeriksa harga dan beli ticket pesawat dari kota asal Anda ke Sumatera Selatan dan pesan voucer hotel di Sumatera Selatan pada halaman yang serupa. Berikut 5 Objek Wisata yang Pantas Didatangi di Sumatera Selatan:


1. Air Terjun Bidadari Tempat Rekreasi Eksotis di Sumatera Selatan


Air Terjun Bidadari ada di Dusun Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kurang lebih memiliki jarak 231 km dari kota Palembang. Air terjun ini mempunyai nama lain Air Terjun Ayek Asam yang kerap disebutkan oleh warga di tempat. Air yang mengucur di air terjun ini bersumber ke Sungai Lematang. Air terjun ini ialah Tempat Rekreasi air terjun paling tinggi di saluran Sungai Asam, ketinggiannya ialah sekitaran 30 mtr. dan lebar atasnya sekitaran 10 mtr. dan lebar bawahnya sekitaran 15 mtr.. Diberi nama Air Terjun Bidadari karena konon air terjun ini tempat mandi beberapa bidadari. Lepas dari riwayat nama itu, air terjun ini cukup cantik dan menarik. Air Terjun Bidadari ini mempunyai daya magnet tertentu untuk menarik pengunjung. Selainnya bisa nikmati panorama alam yang cantik, Anda dapat beri kesegaran tubuh dengan berenang di danau yang berada di bawah air terjun. Disekitaran danau ada batu koral yang berjejer dengan alami yang kelihatan benar-benar cantik. Suara air terjun yang mengucur akan memberi situasi yang mempersejuk hati.


2. Bukit Serelo Tempat Rekreasi Unik di Sumatera Selatan


Bukit Serelo atau yang lebih dikenali dengan Gunung Jempol atau ada pula yang memberikan nama Bukit Telunjuk ada sekitaran 900 mtr. di permukaan laut berada di Dusun Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan atau memiliki jarak 276 km dari Palembang. Bukit Salero sebagai salah satunya landmark dan kebanggaan warga Lahat. Masyarakat di tempat biasa menyebutkan Tempat Rekreasi ini dengan panggilan Bukit Tunjuk karena wujud pucuknya yang serupa dengan telunjuk yang muncul ke langit. Jika jadi perhatian secara baik, memiliki bentuk memang unik karena seolah tengah menunjuk ke langit. Warga di tempat juga yakin jika bukit itu mengingati manusia jika masih tetap ada Tuhan yang tempatnya semakin tinggi hingga kita juga tetap harus membumi. Daya tarik bukit yang demikian mengagumkan membuat beberapa pendaki di luar wilayah yang ingin melihat memiliki bentuk yang asli dari jarak dekat.


3. Benteng Kuto Besak Tempat Rekreasi Monumental di Sumatera Selatan


Palembang punyai bangunan Keraton Benteng Kuto Besak yang monumental. Benteng Kuto Besak ada di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak atau BKB, sebagai Tempat Rekreasi dengan bangunan kuat dan istimewa yang berada di pinggiran Sungai Musi. Benteng yang dibuat dari batu dengan tinggi 10 mtr. itu sampai sekarang ini berdiri kuat di tengah-tengah kota Palembang. Sejarahnya, Benteng Kuto Besak ialah bangunan keraton dari era ke-18 sebagai pusat Kesultanan Palembang. Benteng ini mulai dibuat di tahun 1780 atas prakarsa Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah di tahun 1724-1758, lalu dituntaskan oleh penerusnya yakni Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah di tahun 1776-1803. Kadang tempat rekreasi ini jadi lokasi penyelanggaraan acara atau festival dengan jagat hiburan berdasar Sungai Musi dan Jembatan Ampera yang mempesona.


4. Rimba Rekreasi Punti Kayu Tempat Rekreasi Menarik di Sumatera Selatan


Punti Kayu ialah sebuah taman atau rimba rekreasi sebagai Tempat Rekreasi keluarga di Palembang, Sumatera Selatan. Objek Wisata Alam Punti Kayu berada di Kota Palembang, Jalan Raya Palembang - Jambi persisnya di Jalan Kol H Burlian Km 6,5 Palembang. Diputuskan jadi Rimba Rekreasi Punti Kayu selebar 50 ha berdasar SK Menteri Kehutanan. Saat sebelum Punti Kayu, taman rekreasi alam itu pernah diberi nama Taman Sari dan Syailendra. Rimba Punti Kayu sebagai salah satu lokasi rekreasi rimba di Kota Palembang. Rimba yang mempunyai luas 12 hektar ini sebagai paru-paru kota yang tumbuh tanaman yang dikuasai oleh tanaman tipe pinus. Pada awal penetapannya sebagai rimba rekreasi, Rimba Rekreasi Punti Kayu menggenggam tegar perannya sebagai tempat pelestarian, Tempat Rekreasi dan wisata, tempat riset dan pengajaran, sampai tempat pendukung aktivitas budaya.


5. Tebat Gheban Tempat Rekreasi Alami di Sumatera Selatan


Danau Tebat Gheban ini ada di Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Propinsi Sumatera Selatan. Memiliki jarak sekitaran 7 km dari pusat Kota Pagaralam, Tebat atau sebanding dalam kata danau dengan bahasa Indonesia ini simpan keelokan lain dari eksotika bumi besemah. Sebetulnya, nama Tempat Rekreasi ini ialah Gheban saja, karena Kata Tebat ini berarti Danau, dan umumnya warga asli Pagar Alam menyebutkan Gheban ialah Reban . Maka, Tebat Gheban memiliki arti ialah Danau Gheban / Danau Reban. Danau Tebat Gheban ini ialah sebuah kolam besar yang tercipta dengan alami, luasnya lebih kurang sekitaran 4 hektar dengan kedalaman capai 12 mtr., dan disekelilingnya dibangun beberapa Gazebo atau pemondokan kecil yang dipakai sebagai tempat sekedar duduk sambil bercakap-cakap atau berekreasi dengan keluarga. Mendekati sore, danau ini akan di ramaikan oleh beberapa pecinta olahraga memancing.

modi.png

Jelajah

More actions
bottom of page